Berita

PANTAUAN LANJUTAN TITIK API DI LERENG GUNUNG AGUNG

#semetonTANGGUH Kamis, 17 Oktober 2024, Tim Gabungan kembali melakukan pemantauan titik api di Lereng Gunung Agung yang dimulai dari Dusun Puregai, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Titik api tidak terlihat karena tertutup kabut. Lokasi pemantauan selanjutnya yaitu di Dusun Pengalusan, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Tim bertemu dengan Tim Manggala Agni yang beberapa anggotanya melakukan pemantauan di Pos 1 Gunung Agung. 


Hasil pemantauan kebakaran dari Pos 1 Gunung Agung terlihat titik api cukup banyak namun upaya pemadaman sulit dilakukan karena lokasi titik api yang jauh dan medan terhalang sungai kering dan jurang lebar dan terjal. Vegetasi yang terbakar yaitu hutan alam jenis pohon cemara, seming, dan semak belukar. 


Luas area yang terbakar di Hutan Lindung Munduk, Pengubengan, Desa Besakih sekitar 120 hektar. Luas area yang terbakar di Hutan Lindung Munduk, Pengalusan, Dasa Ban sekitar 25 hektar sehingga total keseluruhan area yang terbakar di Hutan Lindung Gunung Agung sekitar 145 hektar. Lokasi titik api masih jauh dari pemukiman warga.