Artikel

Ideathon Bali Kembali, Penguatan Bali melalui Riset Kebencanaan

Wilayah Bali merupakan kawasan super prioritas pariwisata Indonesia mengalami kontraksi ekonomi akibat dampak covid-19 dan pada tahun 2022, sebagai tuan rumah Global Platfform For Risk Reduction (GPDRR) . Melihat kondisi ini dan semangat Bali untuk bangkit, BNPB bersama Kemenristek/BRIN, Kemendikbud , Kemendagri, Pemerintah Provinsi Bali dan Forum Perguruan Tinggi ( PRB) melaunching kegiatan Riset Kebencanaan  "Ideathon Bali Kembali” (12/3)


Dalam sambutannya secra virtual mewakili Bapak Gubernur Bali, Kalaksa BPBD Provinsi Bali, Made Rentin menyambut baik kegiatan ini sebagai wujud salah satu bagian dari  pentahelix penanggulangan bencana khususnya perguruan tinggi dan mitra terkait. Ideathon menjadi langkah pertama untuk pengembangan riset dan penelitian oleh Perguruan Tinggi dengan lokasi penelitian di Bali. 


Berbagai ide dan gagasan yang implementatif dan inovatif berbasis kearifan local dapat hadir dan dijaring nantinya dalam bentuk kolaboratif riset kebencanaan. Pada akhirnya dapat memberikan manfaaat bagi sector kesehatan, pariwisata, ekonommi dan social budaya secara langsung kepada masyarakat Bali dalam rangka mendukung percepatan penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi.