Berita

KONSULAT DI BALI DUKUNG PEMBENTUKAN FORUM KOMUNIKASI MULTISEKTOR SKB

#semetonTANGGUH

Bali sebagai destinasi utama wisatawan domestik dan dunia penting memiliki kesadaran terhadap bencana. Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana (SKB) adalah bukti keseriusan dan komitmen Pemerintah Provinsi Bali melalui BPBD Provinsi Bali dalam menciptakan Pariwisata Tangguh Bencana. Multihelix diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam menciptakan ketangguhan. Oleh karena itu, BPBD Provinsi Bali mengadakan Sosialisasi SKB ke seluruh Perwakilan Konsul di Bali pada Jumat, 14 Juni 2024 di Sanur Resort Watu Jimbar.


Sosialisasi ini dihadiri oleh Konsul Jenderal Cina, Konsul Kehormatan Polandia, Konsul Kehormatan Romania, Konsul Kehormatan Spanyol, Per Acting Konsul Kehormatan Kolombia, Pro Konsul Inggris, dan Perwakilan Konsul negara Perancis, Meksiko, Swiss, Timur Leste, Ceko, Belanda, Australia, Rusia, Finlandia, Amerika Serikat, Hungaria, Korea Selatan, Jepang. Sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali yang diwakili oleh Ida Ayu Nyoman Chandrawati, S.H., M. Par, Kepala Bidang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Bali.


Kalaksa BPBD Provinsi Bali menjelaskan salah satu tujuan diadakan sosialisasi ini yaitu untuk mendapatkan dukungan dari para konsul untuk berkolaborasi dalam menciptakan Pariwisata Tangguh Bencana di Bali. Salah satunya dengan SI KENCANA DUTA BALI atau Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana (SKB) Untuk Dunia Usaha Pariwisata. SKB penting karena dapat merubah paradigma respon pada tanggap darurat menjadi preventif sebelum terjadi bencana.


Sebagai bentuk percepatan SKB akan dibentuknya Forum Multisektor untuk mempererat kemitraan. Deklarasi Forum Komunikasi Multisektor SKB akan dilaksanakan pada Kamis, 20 Juni 2024 mendatang.