Berita

PERINGATAN DINI CUACA DAN IKLIM PROVINSI BALI PERIODE DASARIAN I MARET 2024

#semetonTANGGUH Saat ini El Nino masih aktif dengan intensitas Moderat yang secara bertahap terus turun dan akan beralih menjadi Netral pada April - Juni 2024.


✅ Update Musim :

Hingga dasarian II Februari 2024 (Update data tanggal 20 Februari 2024) seluruh wilayah Bali telah memasuki musim hujan. Kecamatan yang terakhir memasuki musim hujan yaitu di Kecamatan Buleleng dan Nusa Penida.


✅Prakiraan Cuaca 10 Harian

a. Prakiraan Cuaca tanggal 1 - 3 Maret 2024 potensi hujan sedang hingga lebat terdapat Kab. Buleleng, Bangli, Karangasem, Badung, Tabanan, Jembrana, Gianyar, dan Klungkung.


b. Prakiraan Cuaca tanggal 4 - 6 Maret 2024 potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kab. Buleleng, Bangli, Karangasem, Tabanan, Jembrana, Gianyar, Klungkung, Badung, dan Kota Denpasar.


c. Prakiraan Cuaca tanggal 7 - 10 Maret 2024 potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kab. Buleleng, Jembrana, Karangasem, dan Tabanan.


✅ Peringatan Dini

Terdapat peluang curah hujan tinggi Dasarian I Maret 2024 (tanggal 1 s.d 10 Maret 2024) dengan Status Peringatan dini sbb :


🟡 WASPADA :

TABANAN : Kec. Baturiti, Penebel, Pupuan

BULELENG : Kec. Busungbiu, Banjar, Sukasada, Sawan, Kubutambahan

BANGLI : Kec. Kintamani

KARANGASEM : Kec. Rendang, Bebandem

BADUNG : Kec. Petang


🟠 SIAGA :

BULELENG : Kec. Sukasada

BANGLI : Kec. Kintamani

KARANGASEM : Kec. Rendang


✅ Rekomendasi

Sehubungan dengan hal tersebut, kiranya informasi ini bisa dijadikan kewaspadaan dan pertimbangan untuk melakukan langkah mitigasi dampak ikutan dari kedua kondisi tersebut. Apabila dalam keadaan darurat, call center darurat dapat dihubungi melalui nomor 0361-251177 atau melalui Whatsapp di 0857-9224-0799. Mari bersama - sama meningkatkan kewaspadaan dan selalu siap siap siaga menghadapi potensi ancaman bencana, dengan semangat "Siap Untuk SELAMAT".


Sumber : BMKG Stasiun Klimatologi Bali & BPBD Provinsi Bali


Sekian dan terima kasih.