Berita

PEMBAHASAN PROGRAM KERJA SEKRETARIAT BERSAMA (SEKBER) SEBAGAI WADAH KOORDINASI DAN PERCEPATAN PROGRAM SPAB PROVINSI BAL

#sementontangguh

22 Februari 2024 - Acara Pembahasan Program Kerja Sekretariat Bersama (Sekber) dan Perjanjian Kerjasama terkait program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Provinsi Bali dilaksanakan di Ruang Rapat Tanggap, UPTD. Pengendalian Bencana Daerah BPBD Provinsi Bali.


Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin yang bergabung secara virtual menyambut baik pertemuan ini. Beliau berharap agar Sekber SPAB Provinsi Bali dapat menyusun program kerja. Selain itu diharapkan dapat dilakukan persiapan dan pelatihan fasilitator SPAB di Provinsi Bali. Kalaksa juga mendorong agar dapat bekerja sama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Provinsi Bali terkait Taruna Tangguh Bencana dapat membantu percepatan pembentukan SPAB di Provinsi Bali. 


Berdasarkan pertemuan yang telah dilakukan dengan PLAN Indonesia, tahun ini Provinsi Bali akan membentuk 100 SPAB di Provinsi Bali, yang terdiri dari 14 SLB dan 86 sekolah yang akan menjadi sasaran.


Yayasan PLAN Indonesia, yang diwakili oleh Enos Ndapareda menyampaikan akan dilakukan pembahasan rencana kerja Sekber pada Bulan Maret 2024. Diharapkan pula pada Bulan April 2024 dapat dilakukan pengukuhan Sekber SPAB Provinsi Bali. Pelatihan Fasilitator Daerah SPAB direncanakan pada bulan Mei 2024 yang akan diikuti oleh guru, relawan, perwakilan BPBD, perwakilan Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga Provinsi Bali, serta organisasi lainnya (seperti Pramuka, relawan, dan lainnya) dengan peserta berjumlah 100 orang, yang akan dilatih dalam 2 kelompok pelatihan.


Akhir pertemuan ditutup oleh Plt. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Ida Bagus Gede Widnyana dengan kesepakatan untuk pelatihan fasilitator baik itu guru maupun BPBD Kabupaten/Kota diharapkan mampu untuk melakukan fasilitasi pembentukan SPAB di sekolahnya masing-masing. Kegiatan tersebut nantinya menjadi syarat untuk memenuhi uji kompetensi sebagai fasilitator SPAB.


#salamtangguh

#bpbdbali

#SPAB

#balitangguh