Berita

Peringatan Dini Cuaca dan Iklim Provinsi Bali Periode Dasarian II Februari 2024

#semetonTANGGUH secara umum wilayah Bali telah memasuki periode musim hujan pada dasarian II Februari 2024, daerah apa saja yang menjadi kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi dapat dilihat sbb :


✅ Update Musim :

- Hingga dasarian III Januari 2024 terdapat 18 (Delapan belas) Zona Musim yang telah memasuki musim hujan yaitu meliputi sebagian besar wilayah di Bali, dan 2 Zona Musim yang indikasi memasuki musim hujan yaitu di Kecamatan Buleleng dan Nusa Penida.


✅Prakiraan Cuaca 10 Harian

a. Prakiraan Cuaca tanggal 11 - 13 Februari 2024 potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kab. Jembrana, Buleleng, Bangli, Karangasem, Badung, Tabanan, dan Gianyar.


b. Prakiraan Cuaca tanggal 14 - 16 Februari 2024 potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kab. Buleleng, Bangli, Karangasem, Badung, Tabanan, dan Gianyar.


c. Prakiraan Cuaca tanggal 17 - 20 Februari 2024 potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kab. Buleleng, Bangli, Karangasem, Badung, Tabanan, dan Gianyar.


✅ Peringatan Dini

Terdapat peluang curah hujan tinggi Dasarian II Februari 2024 (tanggal 11 s.d 20 Februari 2024) dengan Status Peringatan dini sbb :


- WASPADA :

Kec. Pupuan, Kec. Baturiti, Kec. Penebel.

Kec. Payangan

Kec. Sukasada

Kec. Kintamani

Kec. Sidemen

Kec. Petang


- SIAGA :

Kec. Baturiti

Kec. Sukasada

Kec. Kintamani


✅ Rekomendasi

Sehubungan dengan hal tersebut, kiranya informasi ini bisa dijadikan kewaspadaan dan pertimbangan untuk melakukan langkah mitigasi dampak ikutan dari kedua kondisi tersebut. Apabila dalam keadaan darurat, call center darurat dapat dihubungi melalui nomor 0361-251177 atau melalui Whatsapp di 0857-9224-0799. Mari bersama - sama meningkatkan kewaspadaan dan selalu siap siap siaga menghadapi potensi ancaman bencana, dengan semangat "Siap Untuk SELAMAT".



Sumber : BMKG Stasiun Klimatologi Bali & BPBD Provinsi Bali


Sekian dan terima kasih.