Berita

AUDIENSI BPBD BALI DENGAN BMKG DAN TIM RED CROSS FINLANDIA

AUDIENSI BPBD BALI DENGAN BMKG DAN TIM RED CROSS FINLANDIA


#semetonTANGGUH 

Senin, 29 Januari 2024 - BPBD Provinsi Bali menerima kunjungan Tim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Red Cross Finlandia bertempat di UPTD Pengendalian Bencana Daerah BPBD Provinsi Bali. Tim diterima oleh Kepala UPTD Pengendalian Bencana Daerah, I Wayah Suryawan mewakili Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali. Tujuan kunjungan secara umum adalah mendiskusikan mengenai pemanfaatan data dari BMKG terkait cuaca dan iklim oleh stakeholder BMKG salah satunya BPBD Provinsi Bali.


BPBD Provinsi Bali dan BMKG memiliki hubungan kolaboratif yang penting dalam upaya pencegahan, mitigasi, dan penanggulangan bencana di wilayah Bali. Pemerintah Provinsi Bali melalui BPBD Provinsi Bali berupaya mengintegrasikan seluruh potensi yang ada termasuk nilai budaya dan kearifan lokal untuk turut berperan aktif dalam membangun kesiapsiagaan bencana. 


Dalam kesempatan yang sama, I Wayan Suryawan memperkenalkan inovasi BPBD Provinsi Bali, diantaranya program Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana (SKB) sebagai upaya membangun kesiapsiagaan bencana bagi pelaku usaha dan Bali Tsunami Early Warning System (BTEWS) sebagai upaya memperkuat sistem peringatan dini bencana, khususnya tsunami di Bali. Dimana dalam inovasi ini BMKG berperan aktif menjadi sumber data sebagai bahan analisis dalam membuat kebijakan. 


Perwakilan Red Cross Finlandia, Karoliina menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran BPBD Provinsi Bali yang tidak hanya menerima baik kunjungannya, tetapi juga memfasilitasi diskusi sehingga dapat menggali informasi lebih dalam terkait pemanfaatan data dari BMKG oleh stakeholder, salah satunya BPBD Provinsi Bali. Karoliina juga mengapresiasi kinerja baik BPBD Provinsi Bali dalam kesiapsiagaan dan upaya penanggulangan bencana di Bali. 


Pertemuan ini menegaskan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kerjasama antara BPBD Provinsi Bali dengan BMKG terkait pemanfaatan data dan informasi, khususnya tentang meteorologi dan klimatologi.


#siapsiagabencana

#bmkg

#pemprovbali

#bpbdbali

#redcrossfinlandia