Berita

INFORMASI PERINGATAN DINI IKLIM EKSTREM

Potensi Kekeringan Meteorologis Update 20 Mei 2024


#semetonTANGGUH Berdasarkan Informasi Peringatan Dini Iklim Ekstrem di Provinsi Bali yang dirilis BMKG update 20 Mei 2024. Daerah apa saja yang menjadi kewaspadaan terhadap potensi iklim ekstrem dapat dilihat sbb :


✅ Tingkat peringatan dini Ekstrem yaitu Kec. Melaya, Mendoyo. Kec. Gerokgak, Seririt, Sawan, Kubutambahan, Tejakula. Kec. Kintamani. Kec. Kubu. Kec. Denpasar Barat, Denpasar Selatan. Kec. Kuta.


✅Monitoring awal musim kemarau 2024

a. Dilihat dari daerah Zona Musim (ZOM) di Bali, hingga 20 Mei 2024 terdapat 3 ZOM yang sudah masuk musim kemarau yaitu ZOM 424 (Buleleng bagian utara), ZOM 427 (Bangli bagian utara dan timur), ZOM 436 (Nusa Penida). Terdapat 15 ZOM yang indikasi masuk musim kemarau, dan 2 ZOM yang belum masuk musim kemarau.

b. Jika dilihat per titik pos hujan, hingga 20 Mei 2024 terpantau 23 titik pos hujan yang sudah masuk musim kemarau, yaitu Pos Melaya, Tetelan, Rambutsiwi, Cekik Sumber Kima, Patas, Gerokgak, Celukan Bawang, Tanguwisia, Pelaga, Payangan, Tukad Mungga, Benkala, Kubutambahan, Bondalem, Kintamani, Pengotan, Banjarangkan, Dawan, Celuk, Sumerta dan Nusa Penida. Terdapat 41 pos hujan yang indikasi masuk musim kemarau serta 7 pos hujan yang belum masuk musim kemarau.


✅ Rekomendasi

Sehubungan dengan hal tersebut, kiranya informasi ini bisa dijadikan kewaspadaan dan pertimbangan untuk melakukan langkah mitigasi dampak ikutan dari kedua kondisi tersebut. Apabila dalam keadaan darurat, call center darurat dapat dihubungi melalui nomor 0361-251177 atau melalui Whatsapp di 0857-9224-0799. Mari bersama - sama meningkatkan kewaspadaan dan selalu siap siaga menghadapi potensi ancaman bencana, dengan semangat "Siap Untuk SELAMAT".


Sumber : BMKG Stasiun Klimatologi Bali & BPBD Provinsi Bali


#SiapUntukSelamat

#BpbdBali

#salamTANGGUH