Berita

DISKUSI KETAHANAN RUMAH SAKIT TERHADAP BENCANA DENGAN TIM DINKES PROVINSI BALI

#sobattangguh #semetontangguhbali Pada tanggal 10/01/2023 di R. Rapat Resiliens BPBD Provinsi Bali, telah berlangsung Diskusi ketahanan Rumah Sakit yang dibuka oleh Sekretaris BPBD Provinsi Bali, dengan dihadiri oleh Kabid, Kasubid Bidang PK BPBD Bali dan Tim Dinkes Pemprov Bali. 

Diskusi ini didasarkan, bahwa banyak Rumah Sakit di Bali sudah memiliki Hospital Disaster Plan namun terkadang tidak sesuai dengan ancaman bencana terbesarnya karena hanya mengikuti Plan Rumah Sakit lain yang memiliki ancaman yang berbeda. 

Kegiatan Ketahanan Rumah Sakit ini adalah sebagai bagian dari kegiatan Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana, sebagai tanggung jawab Pemprov Bali dalam penerjemahan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Pemerintah Pusat di Provinsi Bali. Namun kendala yang harus diperhatikan adalah tidak adanya tim penilai External dan Sertifikasi Asesor Kebencanaan yang sudah expired. 

Sehingga untuk saat ini, Dinkes akan berfokus kepada penyesuaian Akreditasi Rumah Sakit dengan PMK terbaru terlebih dahulu, namun kegiatan Sertifikasi ini akan tetap dilanjutkan dengan sosialisasi betapa pentingnya Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana ke Rumah Sakit yang berada di Bali.


#SalamTangguh

#SiapUntukSelamat

#BPBDBali