Berita

Dialog Kentongan RRI Denpasar : Bantuan Bali untuk Korban Gempa Cianjur di RRI Denpasar melalui telewicara

Dialog Kentongan RRI Denpasar : Bantuan Bali untuk Korban Gempa Cianjur di RRI Denpasar melalui telewicara pada Jumat, 9 Desember 2022


Kalaksa BPBD Provinsi Bali menyampaikan kegiatan rutinitas kalaksa selaku sekretaris Satgas Covid-19, PMK dan antisipasi kejadian bencana yang berpotensi timbul akibat dinamika hidrometeorologi pada pengantar dialog. Kalaksa juga menyampaikan teknologi yang mendukung penanggulangan bencana yang dikembangkan dari BMKG atau BNPB berupa aplikasi yang bisa diakses melalui perangkat telepon pintar.

Kalaksa menyampaikan rapat koordinasi antar OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali terkait kepedulian Masyarakat Bali kepada korban Gempa Cianjur. Kepedulian Masyarakat Bali terhadap korban bencana sudah berlangsung sebelumnya seperti kepedulian korban korban Gempa Lombok, Gempa Palu, dan angin kencang/puting beliung di NTT. Pembukaan rekening Bali Peduli Bencana Bank BPD Bali yang mengharapkan seluruh komponen masyarakat di Provinsi Bali terketuk hatinya ikut serta membantu dan menyumbang bagi korban Gempa Cianjur, Jawa Barat. Batas waktu awal pengumpulan sumbangan hingga 30 November 2022, namun diperpanjang hingga 5 Desember 2022 atas dorongan komponen masyarakat di Bali. 

Pada Rabu 7 Desember 2022 dilakukan pertemuan komponen Masyarakat Bali dan penerima sumbangan yaitu Posko Tanggap Darurat Kabupaten Cianjur dan Pemerintah Kabupaten Cianjur yang diwakili BPBD melalui rapat secara daring melalui Zoom. Sumbangan yang terkumpul dari masyarakat Bali adalah Rp 244.825.000 (Dua Ratus Empat Puluh Empat Juta Delapan Ratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah). Daftar unsur donatur berasal dari :

1. Kepolisian;

2. Pemerintah daerah provinsi;

3. Pemerintah daerah kabupaten/kota seluruh Bali;

4. BUMN yang ada di Bali;

5. BUMD yang ada di seluruh Bali;

6. Unsur masyarakat baik kelompok maupun perorangan.

Kalaksa juga menyampaikan bahwa hal paling mendesak yang menjadi perhatian pihak Posko Tanggap Darurat di Kab. Cianjur adalah kebutuhan dasar atau pokok pengungsi seperti pangan dan sandang. Kebutuhan lain yang tidak kalah penting adalah kebutuhan MCK. Selain itu yang menjadi perhatian dalam konteks jangka menengah dan panjang adalah memikirkan upaya pemulihan rekonstruksi dan rehabilitasi sarana prasarana yang rusak akibat gempa seperti rumah tempat tinggal dalam konteks masyarakat yang menjadi prioritas. 

Pembangunan rumah tempat tinggal tidak lagi direkomendasikan  di sekitar lokasi episentrum gempa karena sifat gempa yang merusak. Konsekuensinya adalah ada kebijakan relokasi, memindahkan ke lokasi lain yang sudah dipetakan relatif lebih aman dibandingkan tempat yang sekarang.

Sumbangan berupa uang menjadi pertimbangan karena hasil komunikasi dengan pihak Kab. Cianjur sehigga kebutuhan mendesak yang belum diakomodasi bisa dialokasikan dengan dana yang tersedia. Pertimbangan lain adalah efektifitas dan efisiensi dalam pengiriman sumbangan berupa barang dari donatur. 

Kalaksa juga menyampaikan update dampak gempa magnitudo 4,8 di Kabupaten Karangasem beberapa saat lalu. Bantuan dari pemerintah pusat sedikitnya 19 Miliar Rupiah untuk seluruh warga yang paling signifikan terdampak gempa utamanya warga Desa Ban, Kab. Karangasem sebagai upaya pembangunan kembali sektor infrastruktur, fasilitas umum, dan rumah warga dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi.

Kalaksa menyampaikan edukasi dan mitigasi dalam penanggulangan bencana sebagai bentuk peningkatan kapasitas masyarakat menjadi hal utama. Program Sekolah Aman Bencana (SAB) dan Desa Tangguh Bencana (Destana) melibatkan unsur-unsur masyarakat yang secara rutin melakukan latihan atau simulasi penanggulangan bencana. Kajian Risiko Bencana menjadi pedoman setiap melakukan pembangunan infrastruktur di Bali yang memetakan potensi ancaman bencana yang ada di sekitar lokasi pembangunan dan langkah upaya mitigasi yang perlu disiapkan.

Kalaksa menutup dialog menyampaikan mewakili Pemerintah Provinsi Bali rasa hormat dan terima kasih kepada segenap komponen masyarakat di Bali yang telah memberikan sumbangan berupa uang dan telah disalurkan ke pihak yang berhak menerima yaitu Pemerintah Kab. Cianjur, Jawa Barat. Tetap tingkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan menghadapi ancaman bencana. 


Dialog Kentongan RRI Denpasar : Bantuan Bali untuk Korban Gempa Cianjur di RRI Denpasar melalui telewicara pada Jumat, 9 Desember 2022 dapat ditonton di https://youtu.be/dypmeUC0jw4