Berita

Workshop Pemutakhiran Rencana Kontingensi Bencana Gempabumi dan Tsunami di Kabupaten Badung dan Provinsi Bali.

16 maret 2022, BNPB dan Pemprov Bali menyelenggarakan Workshop Pemutakhiran Rencana Kontingensi Bencana Gempabumi dan Tsunami di Kabupaten Badung dan Provinsi Bali. Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNBP menyampaikan tujuan dari workshop ini adalah penyusunan rencana kontingensi gempabumi-tsunami Kabupaten Badung dan Provinsi Bali dalam mendukung penyelenggaraan GPDRR ke-7 yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 2022.

GDPRR tahun 2022 memiliki nilai strategi ke dalam negeri salah satunya dalam event GPDRR ada menu untuk berbelanja online untuk mendorong produk-produk lokal Bali.

Rencana Kontijensi (Renkon) memuat skenario kejadian dan dampak  bencana serta rencana tindak lanjut. Rencana kontingensi ini diaktivasi menjadi rencana operasi saat penanganan darurat bencana. Untuk itu dokumen renkon harus diperbaharui secara berkala. Para pihak yg terlibat agar menindaklanjuti dengan pembuatan Standar Prosedur Operasi. Rencana kontingensi gempabumi dan tsunami sedang disusun tahun 202. Dalam dokumen akan memuat penjelasan mengenai wilayah terdampak gempabumi dan tsunami, asumsi terjadinya atau masuknya tsunami ke pemukiman penduduk, jumlah penduduk yg terdampak, aspek fisik atau kerusakan yg diakibatkan dr tsunami dan gempabumi yg melibatkan infrastruktur fasilitas serta aspek lainnya.