Berita

Arahan Presiden Dalam Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Tahun 2021

Halo #SahabatTangguh , Indonesia masuk dalam 35 negara paling rawan risiko bencana di dunia. Dari Februari 2020 sampai Februari 2021, BNPB mencatat sedikitnya ada 3.253 bencana di Indonesia, dari bencana hidrometeorologi hingga bencana geologi.

Dalam Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2021 di Jakarta, Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan agar dalam mengurangi risiko, aspek pencegahan dan mitigasi bencana harus diutamakan.

Presiden juga memberikan 4 arahan dalam Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Tahun 2021. Yang paling utama adalah pelaksanaan di lapangan. Misalnya, standar bangunan tahan gempa fasilitas umum dan fasilitas sosial, harus dikawal dan diikuti dengan audit ketahanan bangunan agar sesuai dengan standar.

Kedua, kebijakan yang terintegrasi dari hulu sampai ke hilir, tidak ada yang namanya ego sektoral dan ego daerah dalam penanganan bencana. Semuanya saling mengisi, saling menutupi. 

Ketiga, manajemen tanggap darurat serta kemampuan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi yang cepat.

Terakhir, edukasi dan literasi kepada masyarakat terkait dengan kebencanaan harus terus-menerus ditingkatkan yang dimulai dari keluarga, melakukan simulasi bencana secara rutin di daerah-daerah yang rawan bencana, agar warga semakin tangguh menghadapi bencana.

#RakornasPB2021

#SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana #KenaliAncamannya #SiapkanStrateginya #BencanaUrusanBersama #KitaJagaAlamJagaKita #BNPBIndonesia

Leave a comment