Berita

PENYUSUNAN RENCANA AKSI PENERAPAN SPM SUB URUSAN BENCANA KABUPATEN BANGLI


#semetonTANGGUH pada hari Jumat, 12 Juli 2024 telah dilaksanakan Kegiatan Penyusunan Rencana Aksi Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Sub Urusan Bencana (SUB) Kabupaten Bangli di R. Pertemuan BPBD dan DAMKAR Kabupaten Bangli. Kegiatan ini diinisiasi oleh BPBD Kabupaten Bangli dengan dukungan SIAP SIAGA dan FPRB Bali. Kegiatan ini merupakan bagian dari Penyusunan Renaksi SPM Sub Urusan Bencana Kabupaten Bangli dengan melibatkan  perangkat daerah terkait dan turut mengundang BPBD Provinsi Bali sebagai peserta dan juga narasumber. 


Kegiatan pada hari ini dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangli, Bapak Drs.I Wayan Wardana dengan dipandu oleh Fasilitator, Sekretaris BPBD Kabupaten Bangli, I Gusti Nyoman Laksana,Amd.Kep. Hadir pula sebagai narasumber, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Bangli, Bapak Putu Agus Muliawan, ST. MAP dan BPBD Provinsi Bali, diwakili oleh Perencana Ahli Muda, Ibu Ni Luh Made Vissca Anggraini, SE, M.Si.


Hasil yang didapat dari kegiatan pada hari ini adalah:

a. Bagian Pemerintahan Kabupaten Bangli sudah menyusun Rencana Aksi Penerapan SPM yang sudah disahkan menjadi Peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2023 tentang Rencana Aksi Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Kabupaten Bangli Tahun 2023 - 2027.

b. Perangkat daerah yang melaksanakan urusan wajib pelayanan dasar (Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas PU, dan Satpol PP) wajib  menyusun renaksi

c. Prosedur dalam legalisasi dokumen PB dapat dikonsultasikan dengan BPBD Provinsi dan instansi yang terkait.

d. Dipandu oleh FPRB Provinsi Bali, pembagian kelompok dalam penyusunan dokumen renaksi sub urusan bencana sudah dibagi untuk perangkat daerah yang mengampu beserta penanggung jawabnya. Diharapkan dalam pertemuan berikutnya masing- masing kelompok sudah bisa memberikan masukkan terhadap draf renaksi sub urusan bencana.

 

Terakhir, acara ditutup oleh Sekretaris BPBD Kabupaten Bangli yang mengharapkan pada pertemuan selanjutnya, draft dari dokumen renaksi sudah dapat didiskusikan oleh peserta.


#SalamTangguh

#SiapUntukSelamat

#BPBDBali

#PusdalopsBali