Berita

KALAKSA BERBAGI PENGETAHUAN KEBENCANAAN PADA PROGRAM KOMPETENSI KAMPUS MERDEKA UNIVERSITAS UDAYANA

#salamTANGGUH Kamis, 15 Agustus 2024 Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin menjadi narasumber pada acara Lokakarya Identifikasi Risiko Dan Mitigasi Bencana Dalam Rangka Pelaksanaan MBKM Proyek Kemanusiaan Program Kompetensi Kampus Merdeka (PK-KM) 2024 Program Studi Sarjana Teknil Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana di Aula Wiswakarma, Kampus Teknik Sudirman Denpasar.


Acara dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik Universitas Udayana. Selanjutnya Kalaksa BPBD Provinsi Bali menyampaikan materi Identifikasi Risiko Dan Mitigasi Bencana di Bali. Dalam kesempatan ini, I Made Rentin menyampaikan pentingnya update informasi kebencanaan untuk mengurangi risiko bencana. Bali yang merupakan daerah tujuan wisata dunia berada dalam kawasan risiko tinggi bencana, diantaranya bencana gempabumi, tsunami, gunung api, banjir dan tanah longsor. BPBD Bali merubah paradigma penanggulangan bencana dari reaktif menjadi preventif.


Dunia pendidikan merupakan salah satu cara yang dirasa efektif untuk mengedukasi mitigasi bencana dalam hal ini untuk kampus  disebut dengan Kampus Siaga Bencana. Empat universitas di Bali sudah siap dengan program tersebut. Karena begitu pentingnya mitigasi demi mengurangi risiko bencana diharapkan dosen dan mahasiswa ikut berperan aktif bersama sama pemerintah menyampaikan informasi kebencanaan. Setelah sesi tanya jawab acara dilanjutkan dengan foto bersama.