Berita

WAWANCARA KALAKSA BPBD BALI DENGAN TVRI BALI: STRATEGI PERCEPATAN SERTIFIKASI KESIAPSIAGAAN BENCANA (SI-KENCANA)

#salamTANGGUH Senin, 19 Agustus 2024 Kalaksa BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin menjadi narasumber dalam program TVRI Bali, membahas strategi percepatan sertifikasi kesiapsiagaan bencana (Si-Kencana) yang tengah digalakkan di Pulau Dewata. Sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan hotel dan akomodasi lainnya dalam menghadapi potensi bencana.


Hingga Juli 2024, lebih dari 100 hotel di Bali telah berhasil mendapatkan sertifikasi kesiapsiagaan bencana. Namun, jumlah ini baru mencapai sekitar 25% dari total target.


BPBD Bali menargetkan bahwa pada awal tahun 2026, sebanyak 50-60% hotel di Bali sudah tersertifikasi dalam program Si-Kencana. Untuk mencapai target ini, BPBD Bali berencana melakukan penebalan personil, berbagi tugas dengan Kab/Kota dan bekerja sama dengan forum multi sektor agar lebih banyak hotel bisa mendapatkan sertifikasi dalam waktu yang lebih singkat.


Dengan Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana (Si-Kencana), diharapkan Bali dapat menjadi destinasi wisata yang lebih siap dan aman dalam menghadapi potensi bencana, sehingga memberikan rasa aman baik bagi wisatawan maupun penduduk setempat.


#SalamTangguh

#SertifikasiKesiapsiagaanBencana

#SiapUntukSelamat