Berita

LOKAKARYA ONE HEALTH BALI PERKUAT KETAHANAN KESEHATAN DI PROVINSI BALI

LOKAKARYA ONE HEALTH BALI PERKUAT KETAHANAN KESEHATAN DI PROVINSI BALI


#semetonTANGGUH Lokakarya One Health Bali digelar 9 s.d 10 November 2023 di Swiss-Belresort Watu Jimbar, Sanur, Denpasar. Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) I Made Rentin mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra membuka Lokakarya One Health di Provinsi Bali, sekaligus menyampaikan harapan agar tim Koordinasi One Health Bali dapat efektif terkoordinasi, terintegrasi, dan responsif dalam mengatasi potensi wabah. Beliau menekankan pentingnya pendekatan One Health dalam pencegahan dan penanganan penyakit zoonosis di Bali.


Menurut Kalaksa, konsep One Health melibatkan komunikasi, koordinasi, dan kerjasama lintas sektor untuk menanggulangi penyakit zoonosis. Pemahaman bahwa penyakit pada manusia, hewan, dan lingkungan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan menjadi landasan kerjasama ini. Bali diakui sebagai pelopor inisiasi tim koordinasi One Health, dengan banyak daerah lain tertarik untuk mengikuti jejak Bali.


Kalaksa juga menyoroti pengalaman Satgas Covid-19 di Bali, yang dianggap salah satu yang terbaik. Kolaborasi antar sektor dengan konsep one commando, one island, one management terbukti berhasil dalam penanganan dan vaksinasi Covid-19. Dukungan upaya niskala dan satgas berbasiskan desa adat turut memberikan kontribusi positif.


Dikatakan Kalaksa, Zoonosis adalah masalah bersama dan harus ditegakkan terus spirit menjaga Bali dari berbagai ancaman bencana, termasuk wabah penyakit (bencana non alam) adalah tugas mulia nan suci. ” Oleh karena itu mari bergandengan tangan kuatkan sinergitas untuk jaga Bali untuk diwariskan bagi anak cucu kita di masa yang akan datang, dari Bali menginspirasi Indonesia bahkan untuk dunia”.


Jo Stevens, Konsulat Jenderal Australia untuk wilayah Bali, NTB, dan NTT, memberikan apresiasi dan dukungan atas kolaborasi antara Pemerintah Bali dan Australia. Ia menegaskan komitmen Australia untuk terus membantu, termasuk penyerahan 200.000 vaksin rabies. Stevens mengapresiasi kesuksesan kolaborasi yang telah terjadi dan menyatakan niat Australia untuk terus mendukung upaya bersama dalam menjaga kesehatan masyarakat di Bali.


#OneHealthBali

#BpbdBali

#SalamTangguh

#ManajemenBencana

#AISHP