Berita

BINWAS SPM SUB URUSAN BENCANA DI KABUPATEN GIANYAR

#semetonTANGGUH pada hari Selasa, 9 Juli 2024 telah dilaksanakan Kegiatan Pembinaan Dan Pengawasan Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Sub Urusan Bencana Daerah oleh Tim Binwas SPM Sub Urusan Bencana Provinsi Bali, dengan tujuan untuk mengevaluasi dari hasil binwas tahun sebelumnya apakah sudah ditindaklanjuti oleh kabupaten dan mereviu hasil penerapan SPM tahun ini sesuai kertas kerja dan capaian pada aplikasi  dari Kemendagri.


Kegiatan ini diawali dengan sambutan  oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gianyar, Bapak Drs. Ida Bagus Putu Suamba, M.Si. dengan mengemukakan apresiasi kepada Tim Binwas SPM Provinsi Bali untuk melaksanakan Binwas di Gianyar. Yang dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris BPBD Provinsi Bali, Bapak Dr. I Gede Agung Teja Bhusana Yadnya, SSTP, M.Si. Beliau mengucapkan terima kasih kepada BPBD Kabupaten Gianyar yang telah memfasilitasi tim dan juga mengumpulkan  perangkat daerah lainnya di Kabupaten Gianyar.


Selanjutnya, dalam kegiatan diskusi yang dipandu oleh Ibu Ni Luh Made Vissca Anggraini, SE, M.Si, didapatkan bahwa adanya beberapa peningkatan dalam pemenuhan SPM dibanding tahun sebelumnya, tetapi ada pula aspek-aspek pemenuhan SPM yang belum dipenuhi oleh Kabupaten Gianyar. Salah satu hambatan dalam pemenuhan SPM adalah anggaran yang belum optimal, terbatasnya SDM secara kuantitas dan kualitas serta kapasitas sarana dan prasarana. Sebagai tambahan, hasil inputan dari aplikasi spm bangda untuk Kabupaten Gianyar adalah untuk bidang Pelayanan Informasi Rawan Bencana 68%, Pelayanan PK 22,86% dan juga Penyelematan dan Evakuasi Korban 78,15%.


Sebagai penutup, Tim Binwas SPM Sub Urusan Bencana yang diwakili Sekretaris BPBD Provinsi Bali berharap bahwa Kabupaten Gianyar agar lebih meningkatkan mutu layanan pemenuhan SPM.