Sejarah

SEJARAH PEMBENTUKAN BPBD PROVINSI BALI

SEJARAH PEMBENTUKAN BPBD PROVINSI BALI

  • Embrio pembentukan BPBD Provinsi Bali diawali dengan pembentukan UPT. Pusdalops PB yang berada di bawah Badan Kesbang Pol dan Linmas Provinsi Bali melalui Perda Nomor 2 Tahun 2008.
  • Pembentukan UPT. Pusdalops PB dibantu oleh Palang Merah Perancis (FRC) melalui Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Bali dengan Palang Merah Perancis tanggal 25 Agustus 2008.

KELEMBAGAAN  BPBD PROVINSI BALI

  • BPBD Provinsi Bali dibentuk dengan Perda Nomor 4 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah. Uraian tugasnya ditetapkan dengan Pergub Nomor 52 Tahun 2011.
  • BPBD Provinsi Bali mulai diisi personil pada tanggal 18 Januari 2012.
  • Keberadaan BPBD tidak menghilangkan/mengurangi peranan lembaga-lembaga lain dalam  Penanggulangan Bencana, melainkan BPBD melaksanakan fungsi koordinasi, komando & pelaksanaan.

STRUKTUR ORGANISASI BPBD PROVINSI BALI


STRUKTUR ORGANISASI UPTD. PENGENDALIAN BENCANA DAERAH BPBD PROVINSI BALI



FUNGSI UPTD. PENGENDALIAN BENCANA DAERAH BPBD PROVINSI BALI

  •  Pusat Data dan Informasi Kebencanaan; Fungsi Pusat Data dan Informasi Kebencanaan adalah sebagai penerima, pengolah, dan pendistribusi informasi.
  • Sistem Peringatan Dini; Fungsi Sistem Peringatan Dini adalah menerima, mengolah, dan meneruskan peringatan dini kepada instansi terkait dan masyarakat.
  • Operasi Tanggap Darurat;  Fungsi Operasi Tanggap Darurat adalah memfasilitasi pengerahan sumber daya untuk penanganan tanggap darurat bencana secara cepat tepat, efisien dan efektif.
  • Pelayanan Kegawatdaruratan (ESR).  Fungsi Pelayanan Kegawatdaruratan (Emergency Service Response/ESR) adalah mengendalikan (mengkomunikasikan, mengkoordinasikan, dan menindaklanjuti) sistem pelayanan keamanan, kenyamanan, dan ketertiban kepada masyarakat secara cepat, tepat, serta terpadu dengan memberdayakan sumber daya dan teknologi yang ada di instansi dan lembaga terkait lainnya.

Leave a comment