Berita

FGD IDENTIFIKASI DAN KAJIAN MANAJEMEN MITIGASI BENCANA KAWASAN TURYAPADA TOWER

#semetonTANGGUH, I Made Rentin selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali menjadi Narasumber FGD terkait identifikasi dan kajian manajemen mitigasi bencana pembangunan kawasan Turyapada Tower Komunikasi Bali Smart 6.0 Kerthi Bali di Tower Turyapada pada Rabu, 22 November 2023. 


Acara FGD ini dibuka oleh Kepala Diskominfos Provinsi Bali, Gede Pramana. Lebih lanjut beliau manyampaikan tujuan diselenggarakanya FGD ini yaitu untuk mendeteksi awal dan memitigasi bencana yang kemungkinan terjadi pada pembangunan Tower Turyapada Desa Pegayaman Buleleng.


Hadir juga sebagai narasumber diantaranya I Putu Gustave Suryantara Pariartha, S.T., M.Eng., Ph.D selaku Ketua Peneliti Universitas Udayana, I Nyoman Gede Wiryajaya, S.TP., MP. selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III dan I Ketut Ariantana, S.T., M.Si. selaku Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Bali. Peserta FGD berasal dari OPD dan instansi vertikal terkait kebencanaan Provinsi Bali dan Kabupaten Buleleng. 


I Made Rentin menekankan bahwa bencana yang berpotensi di wilayah ini adalah gempa bumi dan tanah longsor. Oleh karena itu beliau menjelaskan pertama, kajian risiko ini diharapkan dapat menganalisis risiko bencana secara lebih detil, meliputi analisis risiko eksisting dan analisis risiko saat beroperasi, mengacu pada Kajian Risiko Bencana (KRB) Provinsi Bali dan KRB Kabupaten Buleleng serta Histori kejadian disekitar kawasan Turyapada Tower. Kedua, kajian ini dapat digunakan sebagai dasar perencanaan dan pengembangan pembangunan kawasan Turyapada Tower. Terakhir ditekankan bahwa kajian ini dapat menjadi bahan masukan dan rekomendasi mitigasi struktural dan non struktural yang perlu dilakukan, baik saat pembangunan maupun saat sudah selesai pembangunan.


#salamtangguh

#bpbdbali

#kajianrisiko

#turyapadatower