SERTIFIKASI

Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana bagi Penyedia Jasa Industri Pariwisata, Bisnis dan Penyedia Jasa Lainnya

Sebagaimana diketahui bahwa, kondisi alam Provinsi Bali sangat rentan terhadap bencana alam. Berbagai bencana pernah terjadi di Bali seperti gempabumi, letusan gunung api, banjir, longsor, kekeringan dan angin kencang. Provinsi Bali memiliki dua gunung api aktif, yaitu Gunung Agung dan Gunung Batur, serta tidak menutup kemungkinan Gunung Batukaru.  Di kawasan Gunung Agung, daerah yang kemungkinan akan terlanda awan panas, aliran lava dan aliran lahar 23.037,58 ha.  Daerah yang rawan terkena aliran lahar/banjir dan kemungkinan dapat terlanda awan panas dan longsoran atau runtuhan.

 

Bali terletak sangat dekat dengan zona tumbukan (subduction zone) antara Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia. Zona tumbukan ini merupakan kawasan yang menjadi sumber utama untuk tsunami lokal yang bisa berdampak di pulau Bali. Diperkirakan gelombang tsunami hanya membutuhkan waktu antara 30-60 menit untuk mencapai pantai. Oleh karena itu waktu untuk memberikan peringatan sangatlah singkat.

Selain zona subduksi Selat Sunda Trench dan patahan belakang (back arc fault), ada 2 sumber tsunami lainnya yang sudah terindentifikasi: longsor bawah laut dan aktivitas vulkanik. Longsor bawah laut dapat dikaitkan dengan gempa bumi. Longsor tersebut terjadi selama gempa bumi, yang dapat meningkatkan energi tsunami, sehingga melipat gandakan efek pengangkatan akibat gerakan tektonik pada zona subduksi (disebabkan oleh gempa bumi tersebut).

 

Dengan kondisi seperti diatas, tidak ada pilihan lain jika ingin  mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh bencana selain meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan bagi seluruh komponen masyarakat di Bali, tidak terkecuali sektor-sektor bisnis/swasta yang menjadi andalan pendapatan daerah seperti sektor pariwisata dan dunia usaha lainnya.


Form A. Formulir Pendaftaran

Form B Standard Umum

FORM C Bintang 5 Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana

FORM C Bintang 4 Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana

FORM C Bintang 3 Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana

FORM C Bintang 2 Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana

FORM C Bintang 1 Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana

Upload Data Unit Usaha



Leave a comment