Berita

BPBD Bali : Selang 15 Menit Setelah Cilacap 5.7 SR, Nusa Dua Diguncang Gempa Berkekuatan 5.2 SR.

Seperti dirilis dalam website Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa terjadi Gempa dengan Magnitudo 5.7 SR, pada tanggal 09 Juni 2019 pukul 16:32:22 WIB, berlokasi di 8.51 LS, 108.86 BT, 88 km Barat Daya Cilacap - Jawa Tengah, dengan Kedalaman 10 Km. Lima belas menit berikutnya yaitu pada pukul 16:47:40 WIB (atau pukul 17:47:40 Wita), BMKG Wilayah III Bali, melaporkan telah terjadi gempa bumi dengan parameter sebagai berikut : kekuatan  5.2 SR, pada Lintang 11.75 LS dan Bujur 115.66 BT, dengan Kedalaman 10 Km. Gempa berkokasi di South of Bali Indonesia, 331 km Tenggara Nusa Dua Bali dan 344 km Barat Daya Lombok Barat - NTB. Gempa tersebut tidak berpotensi TSUNAMI. 

Beberapa saat setelah rilis resmi terjadinya Gempa, kami (BPBD Provinsi Bali) melakukan asessment ke seluruh wilayah di Pulau Bali, dengan melakukan pengumpulan data lewat Tim BPBD Kabupaten/Kota seluruh Bali. Hasil yang kami dapatkan bahwa hanya di Kabupaten Gianyar yang merasakan adanya gempa tetapi nihil kerusakan dan juga nihil korban, sedang 8 (delapan) daerah lainnya tidak merasakan adanya gempa, mungkin karena masyarakat sedang beraktivitas sehingga tidak merasakan adanya goncangan. 

Berikut laporan lengkap dari masing-masing BPBD Kabupaten / Kota se-Bali, sebagai berikut :
1). Kab. Karangasem : tidak dirasakan.
2). Kab. Klungkung : tidak dirasakan.
3).  Kab. Bangli : tidak dirasakan.
4). Kab. Gianyar : dirasakan (nihil kerusakan).
5). Kab. Buleleng : tidak dirasakan.
6). Kab. Tabanan : tidak dirasakan.
7). Kab. Jembrana : tidak dirasakan.
8). Kab. Badung : tidak dirasakan.
9). Kota Denpasar : tidak dirasakan.

Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik, ikuti arahan petugas dan selalu update informasi yang bersumber dari lembaga resmi yaitu BMKG dan juga kami BPBD akan selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Saat ini kegiatan masyarakat masih tetap normal, para wisatawan pun masih menikmati liburan sisa akhir pekan di beberapa obyek wisata di Bali.