Berita

GEMPABUMI TEKTONIK M=4,1 DIRASAKAN DI KARANGASEM-BALI

GEMPABUMI TEKTONIK M=4,1 DIRASAKAN DI KARANGASEM-BALI
•  Sabtu, 08 Jun 2019 pukul 06.51.01 WITA, wilayah Karangasem diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,1. Episenter terletak pada koordinat 8,43 LS dan 115,77 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 29 km tenggara Karangasem, Bali pada kedalaman 26 km.
•  Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif.
•  Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Barat II SIG-BMKG (III MMI) dan Amlapura, Klungkung, Mataram I SIG-BMKG (II MMI). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.
•  Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.
•  Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.

Denpasar, 08 Juni 2019
  
Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar
  
Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS