Berita

SIKLON TROPIS LILI TUMBUH DI LAUT TIMOR

:::::::::::: SIARAN PERS ::::::::::::

SIKLON TROPIS LILI TUMBUH DI LAUT TIMOR
(Update 9 Mei 2019 Jam 10.00 WIB)

Berdasarkan pantauan BMKG pada hari ini Jam 10.00 WIB Bibit Siklon Tropis 93S mengalami penguatan signifikan sehingga BMKG menyatakan bibit siklon tropis tersebut sebagai Siklon Tropis “Lili” dengan posisi koordinat di 8.9 °LS 128.7°BT berada di sekitar perairan Laut Timor atau Selatan Perairan Laut Banda. Saat ini kecepatan angin maksimum di pusat siklon mencapai 35 – 40 knot dengan tekanan minimum hingga 1000  hPa dengan arah gerak ke Selatan-Barat Daya.

Siklon tropis ini menimbulkan ancaman cuaca ekstrem ini wilayah Indonesia Timur dan Timor Leste, antara lain: 

- Hujan dengan intensitas sedang - lebat berpeluang terjadi di wilayah Maluku bagian tenggara, NTT bagian timur, dan Timor Leste.

- Angin dengan kecepatan diatas 25 knot atau 48 km/jam berpeluang terjadi di NTT, Maluku, dan Papua bagian selatan.

- Gelombang dengan ketinggian 1.25 - 2.50 m berpeluang terjadi di Laut Banda bagian utara, Perairan Kep. Kei - Aru, Laut Arafuru bagian timur.

- Gelombang dengan ketinggian 2.50 - 4.0 m berpeluang terjadi di Laut Banda bagian selatan

- Gelombang dengan ketinggian 4.0 - 6.0 m berpeluang terjadi di Perairan Kep. Sermata - Leti - Kep. Babar - Tanimbar, Laut Timor.

Adanya peningkatan tinggi gelombang akibat Siklon Tropis pada tanggal 08 - 11 Mei 2019 di Laut Banda bagian selatan, Perairan Kep. Sermata - Leti - Kep. Babar - Tanimbar, Laut Timor perlu diwaspadai karena transportasi laut di sekitar daerah terdampak siklon tropis diperkirakan akan terganggu. 

BMKG terus memantau perkembangan Siklon Tropis “Lili” ini setiap saat melalui Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta. Masyarakat dihimbau untuk tetap berhati hati pada potensi hujan lebat yang timbul karena juga berpotensi menimbulkan dampak seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, dapat langsung mengakses:
- http://www.bmkg.go.id
- Follow twitter @infobmkg;
- Aplikasi iOS dan android "Info BMKG";
atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.


KEPALA BMKG
Prof. Dwikorita Karnawati, M.Sc, Ph.D