Berita

Kejadian Tanah Longsor di Banjar Sengker, Desa Mengening, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng pada Selasa 29 Januari 2019

Hari/Tanggal : Selasa, 29 Januari 2019

Waktu : 05:00 Wita

Lokasi : Banjar Sengker, Desa Mengening, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng

Kronologis : Pada Selasa, 29 Januari 2019 pukul 05.00 Wita Diperkirakan hujan yang lebat secara terus menerus mengguyur seputaran Desa Mengening, menyebabkan terjadinya longsor menimpa rumah dimana keluarga bapak Ketut Budikaca beserta anggota keluarganya tersebut tidur dalam keadaan nyenyak, tidak tahu akan terjadinya musibah tersebut termasuk warga sekitarnya. Longsor yang menimpa rumah keluarga bapak Budikaca pertama kali diketahui oleh Wayan Siari yang merupakan ibu dari korban Budikaca.

Korban Jiwa/Luka : 

Korban Meninggal Dunia berjumlah 4 (empat) Orang:
1. Ketut Budikaca (33th)/L, Petani, Hindu, kepala keluarga
2. Luh Sentiani (27th)/P, IRT, Hindu, istri
3. Putu Rikasih (9th)/P, Pelajar, Hindu, anak
4. Kadek Sutama (5th)/L, Hindu, Anak

Kerusakan Material : Rumah tertimbun tanah longsor milik Ketut Budikaca (rusak berat)

 

Penanganan : 

Melihat situasi dan kondisi longsor, maka BPBD Provinsi Bali mendukung upaya BPBD Buleleng memasang dan memperkuat areal sekitar lokasi longsor dengan karung-karung isi pasir, batu, tanah sebagai penahan agar rumah sekitar yang sangat rawan longsor tidak lagi tergerus longsor. BPBD Provinsi Bali menyiapkan
1.500 karung plastik ke BPBD Buleleng. Sementara itu, penghuni rumah yakni orang tua korban dihimbau agar bergeser pindah sementara ke rumah keluarga lain yang tidak rawan tergerus longsor usulan. Sementara itu tim medis ESR Pusdalops PB BPBD Prov Bali dengan pimpinan Kasi ESR Agus Arjawa Tangkas memberikan dukungan pelayanan medis/trauma healing dilokasi kepada orang tua dan keluarga korban yg terlihat syok untuk bisa tabah. Penanganan yang dilakukan oleh ESR selain mengevakuasi korban langsung adalah memberikan pelayanan kesehatan (yankes) kepada anggota keluarga dan masyarakat melayat yg memerlukan penanganan medis sebanyak 16 orang. Jenis Pelayanan : melakukan pemeriksaan vital sign (tensimeter, respirasi, nadi), pemeriksaan fisik, trauma healing, pemberian ukungan moral dan pemberian vitamin. Kelengkapan Medis: peralatan medis, obat anti nyeri, vitamin, obat batuk, obat pilek, diare, sesak, peralatan rawat luka dan obat2 emergency lengkap dengan 1 ambulans. Stakeholder yg ikut membantu PMI dan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, TRC BPBD Provinsi Bali dan BPBD Kabupaten Buleleng.