Berita

Laporan Terkait Banjir Bandang di Kabupaten Jembrana

Laporan Terkait Banjir Bandang di Kabupaten Jembrana

oleh: Kasi Logistik Bidang II BPBD Provinsi Bali

Sesuai arahan pimpinan dan koordinasi dengan BPBD Jembrana, kami laporkan sbb :

1. Banjir bandang dijembrana terjadi di Desa Tegal Cangkring Br. Bilukpoh dan Desa Penyaringan Br. Penyaringan Kec. Mendoyo.

2. Dampak : 49 KK di Br. Bilukpoh dan 58 KK di Br. Penyaringan. Jumlah orang masih dalam pendataan. Rumah rusak yang baru terdata 28 unit, krn masih proses pendataan. Jumlah pengungsi di Pos Pengungsian Bilukpoh 12 KK, yang lain mengungsi pada kerabat masing2. 

3. Telah dilakukan penanganan oleh Forum Relawan Jembrana, TNI, Polri dan instansi terkait dibawah koordinasi BPBD Jembrana.

4. Logistik BPBD Prov Bali yang didrop hari ini : 140 paket sandang, 60 lembar matras, 5 paket perlengkapan makan, 100 lbr karung plastik. 

5. Hasil pengamatan :
BPBD Jembrana belum didukung instansi terkait secara maksimal walaupun ada yang membantu, terkesan hanya bertumpu pada BPBD. 
Assessment dampak menjadi kendala karena personil BPBD semuanya sibuk penyelamatan dan pembersihan lokasi.
Manajemen posko juga belum maksimal.

 

Kesimpulan :
Penanganan cukup lancar, meski belum bersinergi sepenuhnya. Koordinasi level pimpinan  sangat diperlukan, provinsi, Sekda Jembrana, Bupati dan Wakil Bupati agar seluruh sumber daya yang dibutuhkan dapat disupport sepenuhnya ke BPBD.
Perlu pendampingan Prov, terutama Jitupasna.