Berita

Respons Cepat BPBD Bali, Kirim Bantuan Logistik ke Jembrana

Respons Cepat BPBD Bali, Kirim Bantuan Logistik ke Jembrana

Kejadian banjir yang terjadi di Jembrana Sabtu (22/12) direspon cepat oleh BPBD Provinsi Bali.

Setelah berkoordinasi dengan rekan kerja (sejawat) di Kabupaten Jembrana, dalam hal ini BPBD Kabupaten Jembrana, pada Senin pagi ini (24/12) dilakukan pengeriman logistik ke lokasi / TKP (Tempat Kejadian Perkara) di Jembrana, berupa kebutuhan sandang 140 paket, perlengkapan makan 4 paket, dan matras 60 lembar, dengan menugaskan personil sebanyak 4 orang, mempergunakan mobil keranjang (mobil khusus angkut logistik) dan mobil komando.

Saat dihubungi via telepon, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali yang juga Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bali, Dewa Putu Mantera menjelaskan, "kami merespon apa yang menjadi kebutuhan masyarakat yang terdampak banjir di Jembrana, sepanjang stok logistik masih tersedia di gudang, pasti kami distribusikan," tegas Mantera. 

Lebih jauh Plt. Kalaksa yang sudah sejak Maret 2018 melakukan fungsi ganda, karena kosongnya pucuk pimpinan di BPBD Bali mengatakan, "di tahun 2018 ini pergerakan logistik sangat cepat, mulai dari kejadian gempa di Lombok dan berdampak juga di beberapa Kabupaten di Bali, juga beberapa kejadian bencana yang terjadi di Bali sampai menjelang akhir tahun 2018 ini, jujur, stok logistik kami tipis dan kami akan bermohon lagi ke pusat semoga bisa dipenuhi," pungkasnya menaruh harapan kepada BNPB. 

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jembrana I Ketut Eko Susila Artha Permana, dihubungi terpisah menjawab singkat, "ya kami sangat berharap ada support bantuan logistik dari BPBD Provinsi Bali dan juga pihak lain, mengingat stok logistik kami juga sangat terbatas".

Ketika ditanya tentang kondisi terkini jembatan utama jalur Gilimanuk - Denpasar, Mas Eko (begitu pak Kalaks BPBD Jembrana ini biasa disapa) menjawab dengan tegas, "sudah, kemarin sudah normal kembali, setelah Tim Gabungan melakukan pembersihan berbagai material yang menutupi jembatan".

Saat laporan ini disusun, Kasubid Logistik & Peralatan (Logpal) BPBD Provinsi  Bali Gede Teja, bersama Anggota TRC BPBD Provinsi Bali sedang dalam perjalanan dan sudah dekat di Lokasi dan begitu tiba akan langsung menurunkan paket bantuan (logistik) kepada masyarakat terdampak.

Di lain pihak, Gede Adhi Tiana Putra, Kasie Peringatan Dini, Data, dan Pelayanan Informasi Kebencanaan, pada Pusdalops BPBD Provinsi Bali, menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada, mengingat menjelang pergantian tahun, curah hujan cenderung meningkat, dan biasanya dibarengi dengan ikutan kejadian lainnya yaitu angin kencang, banjir, longsor, pohon tumbang. "Kami himbau masyarakat tetap waspada, dan mengikuti serta update terus info terkini tentang perkembangan cuaca dari web dan medsos milik BMKG, kami pun mengacu dan meneruskan informasi dari BMKG untuk kami publish di web dan medsos yang kami miliki", pungkas Adhi.

Denpasar, 24 Desember 2018.
Penyusun :
Tim Humas BPBD Bali