Berita

KALAKSA BPBD PROVINSI BALI BUKA RAKOR TRIWULAN PROGRAM FASILITASI PENGUATAN KETANGGUHAN MASYARAKAT WILAYAH 2

#semetonTANGGUH

Fasilitasi Penguatan Ketangguhan Masyarakat/Desa Tangguh Bencana (Destana) yang difasilitasi Program IDRIP oleh Bank Dunia bersama BNPB telah dilaksanakan September 2023 hingga sekarang. Untuk mengetahui perkembangan kegiatan yang telah dilakukan, maka Rapat Koordinasi (Rakor) diadakan pada Rabu, 6 Maret 2024. I Made Rentin selaku Kalaksa BPBD Provinsi Bali membuka Rakor yang dihadiri oleh 28 peserta dari OPD Provinsi dan Kabupaten Jembrana.


Dalam sambutannya, Kalaksa BPBD Provinsi Bali menekankan beberapa hal, yaitu peserta yang hadir dapat mengawal 6 desa sasaran Destana (Perancak, Pengambengan, Yeh Kuning, Air Kuning, Delod Berawah, dan Penyaringan). Hasil Penilaian Ketangguhan Desa (PKD) 6 desa tersebut adalah Tangguh Pratama dengan rentang nilai <58,33. Harapannya setelah Program Destana ini selesai, keenam desa dapat berubah menjadi Tangguh Utama dengan rentang nilai >83,33.


Dalam Rakor Awal Monev yang diadakan oleh Program IDRIP (Bank Dunia bersama BNPB) di Tangerang, BNPB menghimbau Pemerintah Daerah untuk melakukan percepatan Destana. Salah satu langkah strategis yang telah dilakukan Bali yaitu melalui Penilaian Ketangguhan Desa (PKD) secara mandiri dan berkala. BPBD Provinsi Bali telah mendorong Bupati/Walikota se-Bali melalui Surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah. Dua hal yang ditekankan yaitu menghimbau Kabupaten/Kota untuk memasukkan indikator PKD sebagai indikator Penilaian Lomba Desa tingkat Kabupaten/Kota serta mengalokasikan anggaran penyelenggaraan penanggulangan bencana pada APB Desa/Kelurahan.