Berita

TTX RENKON GUNUNG API AGUNG DI KABUPATEN KARANGASEM

#SemetonTANGGUH Rabu 31/01/2024, Table Top Exercise (TTX) Renkon Gunung Api Agung dilaksanakan  di Ruang Rapat Sabha Widya Praja Kantor Disdikpora Kab. Karangasem. Acara ini dibuka oleh Sekda Kab. Karangasem I Ketut Sedana Merta yang menyampaikan berdasarkan UU No 24 Th 2007 tentang penanggulangan bencana dari 14 ancaman bencana, 12 diantaranya ada di Kab. Karangasem. TTX ini sangat penting bagi kesiapsiagaan dan kolaborasi sinergitas kita walaupun kita tidak ketahui bencana selalu menghantui, tetapi kesiapsiagaan, mitigasi, kolaborasi perlu kita tingkatkan. Sekda Apresiasi dan terima kasih kepada Program Siap Siaga yang sudah mendukung dan peserta yang hadir dalam kegiatan TTX (Gladi Ruang) Rencana Kontigensi (Renkon)Gunung Api Agung di Kab. Karangasem. 


Dalam kegiatan ini pula, Kalaksa BPBD Prov. Bali I Made Rentin menyampaikan salam hormat kepada peserta yg hadir, serta Siap Siaga yang selalu mensuport kegiatan di BPBD. Diantara 38 provinsi hanya 4 provinsi yang di support oleh siap siaga. Pemerintah Prov. Bali mengapresiasi setinggi-tingginya yang telah secara konsisten melaksanakan mitigasi kesiapsiagaan. Kegiatan hari ini merupakan kegiatan penting yang di nanti, terakhir Tahun 2018 telah di laksanakan kegiatan gladi lapang. Kolaborasi dan Sinergitas dari BUMD menjadi komponen penting strategis di dalam Penanggulangan Bencana, Penekanan Pentahelix kolaborasi yang tertuang dalam perda, Peran stakeholder dan peran instansi penting mendukung penanggulangan bencana, oleh karena itu kerjasama yang dilakukan diwujudnyatakan dengan sertifikasi kesiapsiagaan di BPBD Prov. Bali. 


Kegiatan TTX  diikuti 100 orang dari berbagai instansi vertical, OPD terkait dan relawan merupakan rangkaian kegiatan dalam penyusunan renkon Gunung Api Agung di Kab. Karangasem.Di akhir kegiatan,  Kalaksa BPBD Karangasem menyampaikan terimakasih yang mendalam atas partisipasi seluruh peserta dari Gladi Resik hingga pelaksanaan TTX (Gladi Ruang) dapat berjalan dengan lancar dan  diharapkan tumbuh pemahaman bersama akan tugas sesuai dengan dokumen renkon yang telah tersusun.