Berita

Pendampingan Pemantauan Dampak, Potensi Gempa dan Longsor di Kab. Bangli , Jumat 22-10-2021

1. Kegiatan pemantauan dilaksnaakan oleh Kementerian PUPR, Badan Geologi, BPBD Prov Bali, KPH Bali Timur, BPBD Bangli, Babinsa Trunyan dan kelompok relawan.

2. Pemantauan dilaksanakan di Desa Buahan, Desa Batu Dinding, Desa Trunyan dan Gunung Abang Kintamani.

3. Jalur darat dari dermaga kedisan menuju desa trunyan sudah dilaksanakan pembersihan matetial longsoran yg menutupi badan jalan. Akses jalan sudah dapat dilalui namun masih rawab akan longsoran susulan. Dan diperuntukan hanya utk pengiriman bantuan logistik dan masih ditutup utk masyarakat.

4. PUPR masih memetakan titik2 pembuangan material longsoran agar tidak mencemari danau.

5. Badan Geologi memberikan rekomendasi diwilayah Trunyan agar rumah rusak untuk direlokasi karena sangat berbahaya longsoran susulan. Kondisi riil dilapangan : kemiringan lereng yg ekstrim, vegetasi yg kurang serta batuan yg lapuk sangat rentan akan longsor.

6. Badan Geologi melakukan pengujian sample di wilayah batu dinding dg hasil : tanah yg ditempati penduduk merupakan daerah sedimentasi dari material longsoran dan material gunung sehingga sangat rawan jika terjadi gempa.

7. Pemantauan di Gunung Abang : ditemukan rekahan2 tanah akibat gempa dan akan sangat berbahaya saat musim hujan. Upaya dilakukan penutupan rekahan oleh KTH Bali Timur dan relawan.

8. Jalur pendakian Gunung Abang utk sementara ditutup karena masih sangat berbahaya.