Berita

PEMBENTUKAN SMA N 1 KUBU MENJADI SPAB

#semetonTANGGUH
BPBD Provinsi Bali membentuk SMA Negeri 1 Kubu menjadi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) selama 5 hari pada Senin, 26 Agustus 2024 hingga Jumat, 30 Agustus 2024. Pada proses pembentukannya dipilih wakil dari sekolah yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Komite, guru, staf, serta perwakilan murid. Empat puluh wakil yang dipilih ini harapannya menjadi Tim Siaga dan pionir dalam melanjutkan peningkatan ketangguhan SMA N 1 Kubu, Karangasem.

Pada pembukaan acara, I Ketut Suba selaku Kepala Sekolah menyampaikan terima kasih dalam sambutannya atas dipilihnya SMA Negeri 1 Kubu sebagai sekolah yang terpilih untuk dibentuk menjadi SPAB. Acara dibuka oleh I Made Rentin selaku Kalaksa BPBD Provinsi Bali. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya mengubah paradigma respon (saat bencana) menjadi preventif (sebelum terjadi bencana). Pembentukan SPAB SMA N 1 Kubu ini salah satu upaya meningkatkan kapasitas ketangguhan bencana sebelum terjadinya bencana.

Kegiatan ini mengundang beberapa narasumber lainnya yaitu Disdikpora Provinsi Bali, BBMKG Wilayah III Badung, dan BPBD Kab. Karangasem. FPRB Provinsi Bali serta PMI Kabupaten Buleleng menjadi fasilitator dalam acara ini.

Dalam prosesnya, SMA N 1 Kubu menunjukkan antusiasme yang sangat besar, ditunjukkan dengan aktifnya para pejabat sekolah, guru, staf, dan murid dalam diskusi sambil bermain. Semua golongan dapat bercampur dan membuat proses pembelajaran berlangsung menyenangkan.

Materi yang diajarkan yaitu pilar-pilar SPAB, penilaian mandiri, pengakajian risiko bencana, penyusunan rencana aksi, pembentukan Tim Siaga Bencana Sekolah, penyusunan prosedur tetap (protap), menentukan jalur evakuasi serta simulasi di hari terakhir. Simulasi ini dilakukan seluruh warga sekolah. Harapannya dengan simulasi akan menguji protap yang telah dibuat dan dapat memperbaiki protap tersebut berdasarkan hasil evaluasi simulasi.

#SPAB
#bpbdbali
#SiapUntukSelamat