Berita

BEDAH BUKU BELAJAR DARI PANDEMI: EVALUASI EFEKTIVITAS PPKM DALAM PENANGANAN COVID-19

#semetonTANGGUH

8 Maret 2024 - Kementerian Dalam Negeri bekerjasama dengan DRRC Universitas Indonesia, Program SIAP SIAGA DFAT dan BNPB, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, menyelenggarakan Launching dan Bedah Buku “Belajar dari Pandemi: Evaluasi Efektivitas PPKM dalam Penanganan Pandemi Covid-19” dengan dukungan Program SIAP SIAGA.


Buku ini merupakan kilas balik perjuangan bangsa menghadapi pandemi. Terutama meninjau sejauh mana upaya menanggulangi pandemi dilaksanakan jika menilik melalui peraturan PSBB dan PPKM secara nasional. Hal ini merupakan pengingat bahwa Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan yang menghadapi kesulitan distribusi vaksin dan berbagai perangkat medis justru berhasil menangani COVID-19 secara lebih baik dan komprehensif.


Salah satu cerita dari Dr. Raditya Jati untuk memutus mata rantai Covid-19, strategi pengendalian COVID-19 berlapis diterapkan agar acara GPDRR dan G20 dapat diselesaikan dengan baik di Provinsi Bali. Komitmen Sekretaris Daerah Provinsi bali, Dewa Made Indra dan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin bersama Kementerian Kesehatan dan BNPB bergerak bersama menyukseskan dan melancarkan kegiatan pariwisata dan internasional.


Peluncuran buku ini memiliki peran penting dalam merekam pengalaman penanganan pandemi di Indonesia, seperti Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Provinsi Lainnya, khususnya terkait kebijakan PPKM. Melalui evaluasi yang dihasilkan buku ini, diharapkan dapat diambil pelajaran berharga untuk meningkatkan efektivitas penanganan kesehatan masyarakat di masa depan.