Berita

WUJUDKAN KESIAPSIAGAAN BAHAYA TSUNAMI, BPBD BALI MANTAPKAN 9 SIRINE BTEWS

WUJUDKAN KESIAPSIAGAAN BAHAYA TSUNAMI, BPBD BALI MANTAPKAN 9 SIRINE BTEWS


#semetonTANGGUH BPBD Provinsi Bali secara rutin melakukan uji coba peralatan pada tanggal 26 setiap bulannya yang bertepatan dengan Hari Simulasi Bencana. Hal ini bertujuan untuk memastikan seluruh perangkat berfungsi dengan optimal. Langkah ini diambil untuk memberikan kepastian kepada masyarakat dan wisatawan terutama di kawasan rawan bencana tsunami merasa aman dan siap menghadapi potensi ancaman tsunami.


Bali mengaplikasikan sistem baru dalam sistem peringatan dini tsunami dari Ina-TEWS yang berbasis Satelit dan GSM menjadi B-TEWS yang berbasis Radio dan GSM. Pergantian ini sebagai strategi Pemerintah Provinsi Bali untuk mengembangkan sistem peringatan dini yang lebih efektif, efisien dan dapat dikolaborasikan dengan mukti sektor tanpa mengurangi kehandalannya. 


Sistem ini terdiri dari 9 titik sirine, tersebar di sepanjang pesisir pantai yang berisiko bencana tsunami serta padat penduduk dan aktivitas perekonomian seperti Seminyak, Tanjung Benoa, Serangan, Sanur, Kuta, Kedonganan, ITDC, Tabanan, dan Seririt. Dibangun dengan 3 repeater, yaitu Repeater Ungasan, Puncak Mundi, dan Gunung Kutul. Keseluruhan sistem ini dikelola dan diawasi oleh UPTD Pengendalian Bencana Daerah BPBD Provinsi Bali yang beroperasi selama 24 jam.


Berdasarkan hasil Kajian Risiko Bencana menunjukkan bahwa Bali adalah salah satu wilayah rawan bencana dengan 15 jenis bencana dimana Tsunami adalah salah satu yang berisiko tinggi. Sejarah pun menujukkan, bencana tsunami selalu berdampak pada korban secara masif. Potensi tsunami juga teridentifikasi dari berbagai riset para ahli dan analisis BMKG yang mendeteksi adanya dua zona megratrust di bagian selatan Pulau Bali yaitu Megathrust East Java dengan potensi gempa 8,7 SR dan Megathrust Sumba dengan potensi gempa 8,5 SR. Data historis yang tercatat setidaknya Bali pernah mengalami tsunami sebanyak 8 kali.


#tsunamiready

#btews

#peringatandinibencanatsunami

#salamtangguh

#bpbdbali

#pusdalopsbali