Berita

Penuhi Janji Kepada Gubernur Koster, Konjen Tiongkok Denpasar Serahkan Bantuan Penanganan Bencana Untuk Pemprov Bali

DENPASAR - Bantuan Peralatan Penanggulangan Kebencanaan diberikan oleh Pemerintah Tiongkok melalui Konjen Tiongkok Denpasar kepada Pemerintah Provinsi Bali bertempat di Kantor BPBD Bali (19/9). Hal ini sesuai dengan hasil audiensi Konjen Tiongkok dengan Gubernur Bali, Wayan Koster pada Mei 2022 dimana saat itu Gubernur Koster meminta agar Konjen Tiongkok dapat mendukung Pemerintah Bali dalam penanggulangan bencana.


“Waktu saya berbicara dengan Bapak Gubernur, beliau juga menyampaikan kepada saya kalau mungkin agar ada dukungan kepada BPPD Provinsi Bali. Inilah sebabnya kami menggunakan sebagian dana program bantuan kami untuk diserahkan kepada BPBD,” ujar Konjen Tiongkok Denpasar, Zhu Xinglong.


Ia juga menyampaikan bahwa hubungan Tiongkok dengan Indonesia saat ini sangat baik terlebih di bidang penanganan pandemi Covid-19. Tiongkok telah banyak membantu memasok vaksin Covid-19 ke Indonesia dan juga sedang membantu Indonesia untuk memproduksi vaksin Covid-19 di dalam negeri. Selain itu dalam pemulihan ekonomi Bali, Konsulat Tiongkok juga telah berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat Bali untuk bangkit kembali.


Di sisi lain Sekretaris BPBD Bali, Gede Agung Teja Bhusana Yadnya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan Konjen Tiongkok. Ia menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan oleh Konjen Tiongkok adalah kebutuhan prioritas BPBD Bali saat ini yang sangat diperlukan untuk mendukung penanggulangan kebencanaan di Provinsi Bali. Disamping itu ia menyampaikan BPBD Bali ingin menjalin komunikasi, koordinasi dan belajar lebih banyak dengan Pemerintah Tiongkok khususnya di bidang kebencanaan. “Kami menyadari bahwa Tiongkok sebagai salah satu negara terbesar, kami yakin perkembangan teknologi kebencanaan disana sangat advance untuk ditiru dan diaplikasikan untuk keselamatan rakyat Bali,” imbuhnya.


Diketahui bahwa bantuan Konjen Tiongkok untuk BPPD Bali telah diserahkan pada Kamis, 29 September 2022 dengan rincian bantuan berupa 4 unit laptop, 30 unit HT, 150 set seragam PDL, 20 unit meja lipat dan 100 unit kursi lipat.



Leave a comment