Berita

DIALOG INTERAKTIF KENTONGAN, KOLABORASI RRI DENPASAR DENGAN BPBD BALI

Sinergitas antar stake holders terkait dengan penanggulangan bencana sangat penting untuk mendukung dalam mewujudkan mitigasi bencana yang dipahami oleh masyarkat seluruhnya yang menetap di sekitar daerah rawan bencana. Salah satu upayanya melalui penguatan penta helix antara pemerintah dengan media massa khususnya melalui radio. 

Selama tahun 2019, kolaborasi antara BPBD Provinsi Bali dengan Radio Republik Indonesia (RRI) melalui Kulkul Kentongan Krama Bali sebagai media edukasi sehingga masyarakat Bali tanggap bencana. Terinspirasi dari kulkul sebagai media komunikasi lokal bali yang sudah dikenal sebagai warisan budaya leluhur yang masih ajeg saat ini, di tahun 2020 akan dilanjutkan dalam bentuk dialog interaktif kentogan untuk memberikan informasi mitigasi bencana yang mendidik kepada masyarakat. 

Kalaksa BPBD Provinsi Bali, Made Rentin menyambut baik dan siap mengisi narasumber dalam slot waktu siar setiap hari Selasa selama 1 jam mulai pukul 16.00  di RRI Denpasar. Topik yang akan disampaikan juga beragam dengan kolaborasi dengan berbagai elemen dengan tujuan untuk penguatan mitigasi bencana. “Kami sangat mendukung program dialog interaktif kentongan  ini,karena akan membantu tersosialisasikannya program pemerintah Provinsi Bali dalam penanggulangan bencana melalui media massa khususnya radio.” ungkap Made Rentin ketika melaksanakan pertemuan dengan jajaran RRI Denpasar di UPTD Pengendalian Bencana Daerah BPBD Provinsi Bali. 

Dialog interaktif kentongan dapat juga dinikmati melalui aplikasi RRI Play Go pada play store sehingga dimanapun dapat menikmati siaran. Kegiatan ini akan memberikan dampak positif untuk secara terus menerus menumbuhkan kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi akan bencana yang tidak diketahui kapan akan terjadi. 

Adhi Tiana
Kasie Pengendalian Operasi BPBD Prov Bali