Berita

SINERGITAS TANPA BATAS : BPBD BALI ~ POLDA BALI LAKUKAN PELATIHAN DVI

SINERGITAS TANPA BATAS : BPBD BALI ~ POLDA BALI LAKUKAN PELATIHAN DVI

Dalam kebencanaan, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah identifikasi terhadap korban . Bali memiliki pengalaman akan terjadinya bom Bali akibat aksi terorisme, yang membutuhkan penanganan cepat, tepat dan akurat akan diidentikasi korban. 

Keakuratan dan ketepatan dari hasil proses identifikasi menjadi tuntutan sehingga kesalahan dalam proses identifikasi korban dapat ditiadakan. Untuk itu diperlukan, tenaga-tenaga yang professional, terlatih. 

Untuk mendukung hal tersebut, maka dilaksanakan pelatihan DVI ( Disaster Victim Identifaction) selama dua hari yaitu dari tanggal 25 sampai dengan 26 November 2019 bertempat di UPTD. Pengendalian Bencana Daerah BPBD Provinsi Bali. Tema yang diangkat dalam pelatihan ini adalah “Melalui Pelatihan DVI Kita Tingkatkan Kemampuan Personel dan Kerjasama Dalam Tim Menuju Keberhasilan Identifikasi Korban Bencana Massal”

Dalam sambutannya, mewakili Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, Kombes Pol dr.A. Nyoman Eddy P.W DFM. Sp.F sebagai Kabid Donkes Polda Bali menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta dari unsur Polda Bali, PMI, Basarnas, BPBD, Dinas Kesehatan, Kedoteran Universitas Mahasasrawati dan Unud. Kegiatan ini sebagai bentuk kerjasama BPBD Provinsi Bali dengan Polda Bali yang dilaksanakan secara rutin dan periodic dimana para peserta dapat pembekalan pengetahuan dan penatalaksanaan korban bencana khususnya yang sulit dikenali. 

Pelatihan harus selalu mendahui bencana, disebabkan bencana sewaktu-waktu dapat terjadi sehingga peningkatan kapasitas personil menjadi tanggung jawab bersama. 

Denpasar, 25 Nopember 2019 
Tim Pusdalops PB