Berita

SOSIALISASI PERATURAN BNPB NOMOR 2 TAHUN 2024 : PENGUATAN SISTEM PERINGATAN DINI BENCANA

#semetonTANGGUH

Denpasar, 4 Juli 2024 - BNPB menggelar kegiatan sosialisasi Peraturan BNPB Nomor 2 Tahun 2024 tentang Peringatan Dini Bencana di Harris & Residence Sunset Road, Pemogan, Denpasar Selatan. Acara ini dihadiri oleh perwakilan BPBD Kabupaten/Kota se-Bali.


Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Kegawatdaruratan UPTD Pengendalian Bencana Daerah, Putu Witha. Dalam sambutannya, ia mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan memperkenalkan inovasi terbaru seperti Bali Tsunami Early Warning System, serta rencana pengembangan sistem peringatan dini tsunami yang akan direalisasikan pada tahun 2025.


Selanjutnya, Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi, membuka acara dan memberikan arahan. Prasinta menekankan bahwa Bali menjadi contoh dalam penerapan peringatan dini bencana di Indonesia. "Kami berharap Peraturan ini dapat menjadi pedoman yang efektif dalam implementasinya di seluruh Indonesia," ujarnya.


Direktur Peringatan Dini BNPB, Afrial Rosya, kemudian menyampaikan materi utama mengenai Peraturan BNPB No. 2 Tahun 2024. Afrial menjelaskan rencana BNPB untuk membangun platform nasional bernama Multi Hazard Early Warning System (MHEWS). Platform ini akan mendukung analisis dan penyebaran informasi peringatan dini secara lebih terintegrasi dan interoperabel di seluruh Indonesia.


Tidak kalah penting, Kepala Subbagian Perundang-undangan BNPB, Hari Susanto, memberikan materi teknis terkait advokasi Peraturan BNPB No. 2 Tahun 2024. Hari menjelaskan bagaimana peraturan ini telah sesuai dengan Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan Peraturan Pemerintah No. 1 Tahun 2019 tentang BNPB.


Acara ini tidak hanya sekadar sosialisasi, tetapi juga menjadi ajang diskusi yang membahas peran penting pemerintah daerah dalam pelaksanaan peringatan dini bencana. Sosialisasi ini diharapkan mampu meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi antara BNPB dan BPBD dalam menghadapi berbagai potensi bencana di Indonesia.


#peringatandini

#bnpb

#bpbdbali

#salamtangguh