Berita

PEMANFAATAN VR DAN AR: KETAHANAN MASYARAKAT MENGHADAPI BENCANA GEMPA & TSUNAMI DI BALI

#semetonTANGGUH

Sabtu, 18 Mei 2024 - Tim peneliti dari Jepang dan BRIN mengunjungi BPBD Provinsi Bali dan disambut oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali bersama jajaran. Tim terdiri dari Prof. Taro Arikawa (Chuo University, Jepang), Ms. Rena Naito (Chuo University), Mr. Toshi Saruta (JICA), Gusti Ayu Ketut Surtiari (BRIN), dan Abdul Fikri Angga Reksa (BRIN). Tujuan kunjungan ini adalah menyampaikan kemajuan dari hasil riset mereka tentang pengembangan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) untuk simulasi bencana tsunami di Bali. 


Proyek ini merupakan bagian dari SATREP, melibatkan peneliti dari Indonesia dan Jepang, Aplikasi VR yang dikembangkan mengombinasikan simulasi model tsunami dan video 3D, menghasilkan visualisasi kejadian tsunami. Teknologi VR/AR bertujuan mengoptimalkan sistem evakuasi saat bencana dan meningkatkan kesadaran risiko tsunami, khususnya bagi wisatawan asing yang tidak familiar dengan lokasi dan jalur evakuasi. 


Prof. Arikawa menyebutkan fokus pengembangan  aplikasi saat ini di Tanjung Benoa, dengan rencana pengambilan video 3D di titik-titik berisiko tinggi lainnya. Kepala Pelaksana BPBD bali menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap kegiatan riset ini dan juga akan memberikan dukungan sepenuhnya untuk penyempurnaan aplikasi.


#virtualreality

#penguranganrisikobencana

#brin

#bpbdbali

#salamtangguh