Berita

GRAND BALI BEACH & BPBD PROVINSI BALI, SINERGI BERSAMA DALAM KEBENCANAAN

Kebakaran yang terjadi di hotel Grand Bali Beach pada hari Minggu, 1 Maret 2020 menggugah kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan bencana. Bencana dapat terjadi kapan saja, dimana saja terlebih memasuki musim hujan akibat cuaca ekstrem potensi kebencanaan semakin meningkat. 


Untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman wisatawan terhadap bencana, diperlukan sinergi bersama antara pemerintah dan dunia usaha. Sejak tahun 2014, BPBD Provinsi Bali telah melaksanakan sertifikasi kesiapsiagaan bencana bagi dunia usaha untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan di dunia pariwisata. Tahun 2020, akan dilaksanakan kembali dimana pihak manajemen Grand Bali Beach menyambut baik hal ini dan siap untuk berpartisipasi. 


Pengecekan rambu-rambu keselamatan segera dilaksanakan. Pelatihan kesiapsiagaan bencana pun  untuk memperkuat kapasitas personel di Grand Bali Beach akan dirancang bersama. Dengan mengedepankan bahwa urusan bencana adalah urusan bersama maka  sharing pengetahuan dan pengalaman menjadi  model yang dikedepankan.


Berbagai kegiatan di Hotel Grand Bali Beach yang mendukung kesiapsiagaan bencana selaras dengan pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada tanggal 26 April 2020. Kalaksa  BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin mengharapkan kesiapsiagaan bencana untuk terus diperkuat demi terwujudnya Bali Tangguh Bencana khususnya pada dunia usaha. Bali sebagai destinasi pariwisata diharapkan mampu menjadi contoh pariwisata aman bencana .


Gede Adhi 

Kasie Pengendalian Operasi Pusdalops Bali